Skip to main content

PERUSAHAAN INTERNASIONAL YANG BERKONTRIBUSI BAGI PENDUDUKAN ISRAEL DI PALESTINA

3 Perusahaan Internasional yang berkontribusi bagi pendudukan Israel


Perusahaan internasional atau sering disebut dengan transnational corporation atau multinational corporation merupakan salah bentuk kapitalisme global yang memberikan keuntungan pada segelintir manusia di muka bumi ini melalui penghisaban sumber daya manusia dan alam di berbagai belahan dunia, yang pada akhirnya merugikan sebagian besar manusia dalam jangka panjang. 
Beroperasinya perusahaan internasional sangat terkait dengan politik internasional, dan sejarah telah membuktikan bahwa sebagian besar motif perang yang terjadi di berbagai belahan dunia ini salah satunya adalah untuk menjaga keberlangsungan hidup perusahaan-perusahaan internasional ini. Tidak terkecuali bagi beberapa perusahaan internasional yang terlibat dalam konflik Israel-Palestina secara tidak langsung.

Diantara beberapa perusahaan internasional yang terlibat dalam konflik Israel-Palestina, 3 diantaranya beroperasi di Indonesia dan sudah cukup familiar bagi masyarakat Indonesia. Ketiga perusahaan tersebut adalah Hewlett Packard (HP), Caterpillar (CAT), dan (G4S). Berikut ini akan dipaparkan secara singkat keterlibatan 3 perusahaan internasional tersebut dalam konflik Israel-Palestina.

Hewlett Packard (HP)


Hewlett Packard atau yang lebih kita kenal dengan HP, sebuah perusahaan global yang bergerak di bidang produk-produk komputer dan jasa IT, tentu sudah tidak asing lagi bagi publik Indonesia. Tapi taukah anda, jika HP juga salah satu mitra strategis militer Israel?

HP secara berkala memberikan dukungan dan perawatan bagi sistem biometrik ID di fasilitas checkpoint Israel di wilayah pendudukan mereka di Gaza. Sistem tersebut digunakan untuk mengontrol dan membatasi ruang gerak warga Palestina di tanah air mereka sendiri.


HP juga menyediakan infratsruktur IT bagi angkatan laut Israel pada khususnya, dan bagi setiap operasi militer Israel di wilayah pendudukan, khususnya di wilayah Palestina.

Dalam hal ini peran HP sangat strategis untuk menunjang keberhasilan operasi militer Israel, termasuk operasi militer yang dilakukan Israel di wilayah Gaza dalam beberapa pekan di tahun 2014 yang lalu, yang menewaskan lebih dari 1800 warga Gaza.

G4S



Perusahaan yang kedua adalah G4S. G4S, merupakan sebuah perusahaan transnasional yang berasal dari Inggris. G4S bergerak di bidang jasa keamanan, mulai dari sektor publik maupun privat dan beroperasi di 120 negara, termasuk di negeri kita tercinta Indonesia.

Salah satu negara yang menggunakan jasa G4S adalah Israel. Dalam hal ini, Israel menggunakan jasa G4S untuk sistem keamanan penjara dalam rangka operasi militer dan pendudukan Israel di Gaza dan Tepi Barat Palestina. Beberapa kontribusi G4S dalam aksi militer dan operasi pendudukan Israel adalah sebagai berikut:

1) Menyediakan sistem keamanan pada fasilitas penjara/penahanan bagi para tahanan politik Palestina; Beberapa penjara yg dimaksud adalah:
Ø  Kamp Ofer: Penjara di wilayah pendudukan Israel di Palestina;
Ø  Ketziot, Megiddo, dan Damon: penjara di Israel untuk tahanan politik Palestina di wilayah pendudukan;
Ø  Pusat penahanan dan interograsi Jerusalem dan Kishon: Penjara bagi warga Palestina dimana sering kali muncul laporan tindak kekerasan dan pelanggaran HAM;
Ø  Fasilitas penahanan untuk anak-anak Palestina; berada di wilayah Israel. 
2)  Menyediakan peralatan dan jasa perawatan bagi titik pemeriksaan militer Israel di Tepi Barat;
3)  Menyediakan jasa keamanan untuk aktifitas bisnis Israel di wilayah pendudukan di Palestina;
4)  Menyediakan sistem keamanan untuk markas kepolisian Israel di Tepi Barat.

4 peran penting G4S dalam operasi militer dan pendudukan Israel di wilayah Palestina tersebut menjadi alasan utama mengapa harus ada tekanan kepada G4S untuk segera mengakhiri kontrak/kerjasamanya dengan Israel.

Caterpillar (CAT)


Perusahaan yang ketiga adalah Caterpillar (CAT). Caterpillar (CAT), sebuah nama yang tidak asing lagi bagi kita warga Indonesia. CAT dikenal sebagai sebuah perusahaan transnasional yang menyediakan alat-alat berat, baik untuk dijual maupun disewakan yang difungsikan untuk proyek-proyek pembangunan, eksplorasi, clearing lahan untuk perkebunan, pertambangan, dan lain-lain. Dikalangan anak muda, CAT dikenal juga sebagai sebuah brand internasional yang menyediakan sepatu boot berkualitas tinggi.

Tapi tahukah anda, bahwa CAT selama ini menjual alat-alat beratnya, seperti bulldozer D9 kepada militer Israel yang digunakan oleh militer Israel untuk menghancurkan rumah dan infrastruktur publik di wilayah pendudukan Israel di Gaza dan Tepi Barat.

Pada tahun 2004, Amnesti Internasional meminta kepada CAT untuk memberikan jaminan bahwa alat-alat berat yang dijual kepada Israel tidak akan digunakan oleh militer Israel untuk melanggar HAM di wilayah pendudukan. Pada tahun yang sama, Pengawas HAM PBB meminta CAT untuk mengakhiri penjualan bulldozer D9, termasuk sparepart dan perawatannya kepada militer Israel.

Desakan dunia dan lembaga internasional sejak tahun 2004 tersebut ternyata tidak membuat CAT menghentikan kerjasamanya dengan militer Israel, setelah 10 tahun, alat-alat berat CAT masih beroperasi di wilayah pendudukan Israel di Gaza dan Tepi Barat, menghancurkan, meratakan bangunan-bangunan di wilayah tersebut, mencabut hak-hak warga Palestina di wilayah pendudukan untuk hidup, memutus akses mereka terhadap makanan dan sumber-sumber air.

Ketiga perusahaan internasional tersebut berkembang dan mendapatkan pasar yang baik di Indonesia. Di sisi lain, ketiga perusahaan tersebut memberikan kontribusi yang luar biasa bagi penindasan dan pembantaian warga Palestina oleh Israel.

Mengutip pernyataan sahabat saya Anna Baltzer: "Corporations, like any entities, have a responsibility to abide by the law, ethical standards, and international norms. They are not immune"

Sebuah perusahaan dalam tingkatan manapun, sama halnya dengan entitas lainnya, memiliki sebuah tanggung jawab untuk terikat kepada hukum, etika, dan norma2 internasional, jadi sudah seharusnya perusahaan-perusahaan yang memberi support terhadap aksi militer dan pendudukan Israel di Palestina yang ilegal secara hukum internasional, mulai menarik dan memutus kerjasamanya dengan Israel sekarang juga.

Lantas bagaimanakah dengan eksistensi ketiga perusahaan tersebut di Indonesia? Masihkah ikhwan-akhwat sekalian mau membeli dan menggunakan produk-jasa mereka???

Comments

Dapatkan Hosting Murah dan Domain Gratis

Hosting Unlimited Indonesia

Popular posts from this blog

TANGGAPAN TERHADAP USTAD KHALID BASALAMAH TENTANG KAROMAT SYEIKH ABDUL QODIR JAELANI

Oleh: Uwais al Ikhwani Beberapa waktu lalu penulis menyaksikan sebuah video yang berdurasi sekitar 1 setengah menit yang menampilkan Ustad Khalid Basalamah sedang menjawab sebuah pertanyaan yang diajukan kepada beliau tentang siapa itu Syeikh Abdul Qodir Jaelani QS. Dalam video tersebut Ust. Khalid Basamalah menyatakan bahwa Syeikh Abdul Qodir Jaelani QS., adalah seorang ulama besar yang bermahzab Hanafi. Disampaikan kemudian bahwa Syeikh Abdul Qodir Jaelani QS. tidaklah seperti apa yang dinisbatkan oleh orang-orang selama ini dimana Syaikh Abdul Qodir Jaelani memiliki karomat atau kemampuan khusus seperti halnya mukjizat yang dimiliki oleh para Nabi dan Rasul. Untuk lebih jelasnya berikut ini penulis tampilkan video tersebut: Tanpa mengurangi rasa hormat penulis terhadap Ust. Khalid Basalamah dan tanpa adanya tendensi negatif sedikit pun mengingat pesan yang diamanatkan Syeikh Mursyid (guru penulis) dalam tanbih: 1) Jangan menghina ulama sezaman; 2) Jangan memeriksa mur

"Sejarah Sang Waliyulloh": Sepenggal Cerita Perjumpaan Syeikh Muhammad Abdul Gaos Saefulloh Maslul al Quthub (Abah Aos) dan Sayyid Ahmad Al Maliki (Abuya Ahmad) saat umroh Tahun 2015

Abah Aos sebagai pewaris kemursyidan Abah Anom dan Abuya Ahmad, dalam pelaksanaan Umroh Tahun 2015 keduanya bersama-sama melaksanakan khidmah amaliyyah Manaqib Tuan Syaikh Abdul Qodir Al Jailani. Keduanya bertemu dengan penuh kehangatan dan rasa cinta. Ekpresinya sangat tampak menunjukkan mahabbahnya. Tutur bahasa yang beliau sampaikan dalam taushiyahnya menegaskan penghormatan luar biasa kepada Abah Aos. Begitupun sebaliknya. Beberapa point yang disampaikan oleh Abuya Ahmad diantaranya adalah: Semenjak ayah saya sampai saat ini, baru sekarang menerima tamu di pagi hari, terlebih dalam jumlah yang besar seperti ini. Mengapa saat ini kami menerima para jamaah sekalian? Karena cinta saya kepada beliau (Abah Aos) begitu besarnya. Dan cinta itulah yang menjadikan apapun menjadi tidak terhalang. Saya mencintai beliau sebagaimana beliau mencintai saya dan ayah saya. Kami disinipun adalah para murid Syaikh Abdul Qodir Jailani. Semenjak ayah saya hingga saat ini, tuan Syaikh selalu k

PERTEMUAN PARA PECINTA KESUCIAN JIWA

Tadi malam, Sayyid Syeikh al-Habib Luthfi bin Ali bi Yahya tiba di Pesantren Peradaban Dunia JAGAT 'ARSY, BSD, Indonesia. Kedatangan beliau untuk bersilaturahim dengan Pangersa Guru Agung Abah Aos dalam rangka tahniah Maulid Abah Aos yang ke-73. Ini pertemuan yang kesekian kalinya Habib Luthfi dengan Pangersa Abah di JAGAT 'ARSY, pertemuan dua Wali Agung yang penuh kehangatan dan keakraban. Perjumpaan ini sudah beberapa kali direncanakan namun baru malam tadi bisa terjadi. Dalam temu kangen para kekasih Alloh ini dimeriahkan hiburan relijius tim kesenian Sinaurasa asuhan Kh Dr Irfan Zidni Wahab. Tampak Habib Luthfi pun turut serta bermain musik. Pada kesempatan silaturahim kali ini juga hadir Syeikh Abdul Aziz Abdin al-Mahdi al-Husaini PhD (Amerika) dan Syeikh Aziz el-Qobaiti Idrisi al-Mahadi al-Hasani (Maroko). Lengkap sudah para duriyyah wa nuriyyah kumpul di Kanzul 'Arsy Wisma 111. Salam Pecinta Kesucian Jiwa.